Wisata Danau Ubur-Ubur Pulau Kakaban di Kalimantan Timur

Wisata Danau Ubur-Ubur Pulau Kakaban di Kalimantan Timur


Danau Kakaban merupakan tempat wisata yang terletak di pulau kakaban Kalimantan Timur, disini kalian akan merasakan kesenangan dan keseruan berenang bersama dengan ubur-ubur yang bersahabat dengan manusia yang tentunya aman akan sengatan. 

Untuk lebih jelas silahkan simak pembahasan dari Tourisindo.com mengenai Danau Kakaban dibawah ini.

Dalam bahasa daerah kakaban memiliki arti yaitu memeluk, jadi Pulau Kakaban memiliki arti pulau yang memeluk danau yaitu Danau Kakaban, dahulu danau ini merupakan danau air asin yang kemudian berubah menjadi air tawar karena proses alam dimana dipengaruhi oleh air hujan dan air tanah.

Wisata Danau Ubur-Ubur Pulau Kakaban di Kalimantan Timur

Danau Kakaban merupakan 2 danau di dunia yang terdapat ubur-ubur salah satunya yaitu danau di Kepulauan Micronesia dan danau ini terdapat 4 jenis spesies ubur-ubur antara lain:

  • Mastigias Papua
  • Aurelia Aurita
  • Tripedalia Cystophora
  • Casaiopeia Ornata.

Empat spesies tersebut merupakan ubur-ubur yang tidak memiliki sengatan seperti pada umumnya. Selain ubur-ubur di Danau Kakaban, disini juga terdapat jenis hewan air lainnya seperti ular laut, kepiting, ikan kecil dan teripang.

Baca JugaObjek Wisata Pantai Mutun di Lampung Terbagus 2020

Danau di Pulau Kakaban ini memiliki luas sekitar 5 hektare dengan kedalaman kurang lebih 20 meter, apabila tidak bisa berenang kalian juga bisa menyewa pelampung yang telah disediakan oleh pengelola.

Untuk menuju ke Danau Kakaban kalian bisa naik pesawat dan turun di Bandara kalimarau - Tanjung Redeb - Kabupaten Berau - kemudian naik speedboat selama 3 jam menuju Pulau Kakaban.

Wisata Danau Ubur-Ubur Pulau Kakaban di Kalimantan Timur

Untuk tiket masuk kalian hanya cukup membayar Rp. 20.000 saja, selain itu disini juga terdapat aturan apabila ingin berenang di Danau Kakaban seperti :

  • Dilarang memakai sunblock atau krim kulit lainnya
  • Dilarang memakai alat bantu renang kaki katak
  • Dilarang mengangkat Ubur-ubur ke permukaan
  • Dilarang melompat ketika hendak berenang

Perlu di ingat bahwa jalan disini terbuat dari kayu sehingga licin dan perlu berhati-hati, apabila kalian ingin bermalam di sini kalian harus memikirkan matang-matang karena tidak ada listrik atau penerangan apapun dan tidak ada fasilitas seperti tempat wisata lainnya, jadi bisa dibilang masih asri.

Baca Juga10 Tempat Wisata di Malang Terpopuler Beserta Harga Tiket

Perlu di ingat bagi para wisatawan yang hendak mengunjungi Wisata Danau Kakaban yaitu jangan buang sampah sembarangan agar keasrian dan kebersihan tetap terjaga, jadilah pengunjung yang berkontribusi untuk alam dan lingkungan disekitar.

Berikut sedikit review dari Tourisindo.com. Apabila kalian ingin mencari tempat wisata lainnya seperti Wisata di MalangWisata di BandungWisata di Yogyakarta atau kota lainnya di Indonesia kalian bisa mencarinya di website ini.

0 Comments